Masjid di Bali: Bukti Kerukunan Umat Beragama di Pulau Dewata

masjid di bali

“Akhirnya akan terwujud juga nih liburan di Bali. Tabungan udah cukup, persiapan udah mantap, ehh tapi.. pasti susah nih nemuin masjid di Bali buat sholat.”

Bali terkenal dengan julukan ‘a thousand temple island’ atau ‘pulau seribu pura’. Karena memang mayoritas penduduknya beragama hindu.

Meskipun begitu, Bali tetap memiliki tempat beribadah untuk segala umat beragama yang ada di Indonesia. Salah satunya tempat beribadah untuk umat muslim.

Bagi kamu yang beragama Islam yang sedang berlibur ke Bali dan ingin mencari untuk melaksanakan ibadah sholat, berikut daftar beberapa masjid yang bisa kamu kunjungi.

Masjid Agung Ibnu Batutah

Masjid Agung Ibnu Batutah - Masjid di Bali

Masjid Agung Ibnu Batutah merupakan masjid yang berada di komplek Puja Mandala, tepatnya di Nusa Dua Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Di kelilingi oleh Pura jagat Raya, Vihara Budina Ghuna, Gereja Bunda Maria Segala Bangsa dan Gereja Protesta Bukit Goa, keberadaan masjid Ibnu Batutah merupakan bukti kerukunan antar umat beragama di Bali.

Masjid di Bali yang satu ini memiliki arsitektur yang sangat menarik, kamu akan terkagum dengan eksterior berlapis berwarna kuning emas dan atapnya yang berbentuk prisma.

Lantai pertama masjid ini di gunakan sebagai area pengajian dan Pendidikan Al-Qur’an. Sedangkan ruang sholat terdapat di lantai dua yang berhiaskan dinding keramik abu dan mihrab.

Jika kamu berlibur ke Nusa Dua Kuta Selatan, bisa banget nih singgah ke Masjid Agung Batutah.

Baca Juga : The Lawn Canggu: Experience Bali’s Laid-Back Lifestyle

Masjid Agung Palapa

Mencari tempat ibadah untuk umat Islam bisa menjadi pekerjaan yang cukup memakan waktu selama di Bali. Lumrah sih, mengingat Bali bukan pulau yang di dominasi masyarakat muslim. Tapi jika kamu berada di dekat tempat wisata di Bali, bisa jadi akan lebih mudah menemukannya

Salah satunya masjid Agung Palapa yang lokasinya berdekatan dengan Patung GWK (Garuda Wisnu  Kencana) dan persis di jalan masuk ke Pantai Dreamland Bali. Tepatnya di Jl. Pecatu Indah Resort, Pecatu, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan.

So, saat kamu berwisata ke pantai Dreamland Bali ataupun ke GWK, kamu bisa singgah ke masjid yang berukuran luas dan nyaman ini.

Di bangun sejak tahun 2012, bangunan Masjid Agung Palapa masih terawat dengan baik hingga sekarang. Desain bangunannya sederhana, namun terkesan megah.

Sederhana, karena kamu tidak akan mendapati keberadaan dinding penutup di sekeliling bangunan. Hanya ada pilar-pilar berukuran besar tuk menopang atap masjid yang berarsitektur limas berundak. Sengaja di desain seperti ini agar memberikan kesan luas.

Saat kamu sholat di Masjid Agung Palapa, suasana sejuk dari semilir angin sangat terasa, dan saat malam tiba akan jauh lebih dingin. Fasilitas masjid pun sangat baik, tentu ini memberikan rasa nyaman bagi kamu saat beristirahat di pelataran masjid.

Baca Juga : Nusa Penida Bali – Surganya Pecinta Alam

Masjid Agung Sudirman

Masjid Agung Sudirman - Kompleks Militer Kodam Uduyana

Masjid Agung Sudirman adalah salah satu masjid di Bali yang berlokasi di kompleks Militer Kodam IX/Udayana Bali, tepat di pusat kota Denpasar.

Melihat populasi di lingkungan Kodam Udayana semakin bertambah dari tahun ke tahun, penggagas masjid pertama kali untuk di bangun adalah anggota TNI yang tengah bertugas di kota Denpasar, yakni Drs. Zainuddin, H. Mat Nur dan yang lainnya.

Masjid Agung Sudirman juga termasuk masjid terbesar dan tertua di Bali, karena pertama kali di bangun pada tahun 1974, dan pada tahun 1979 adalah renovasi pertama untuk memperbaiki kerusakannya.

Lalu pada tahun 1994 masjid ini di renovasi kembali untuk memperluas bangunan masjid sekaligus merubah arsitekturnya menjadi wantilan khas Bali. Meskipun begitu, ciri masjid masih terlihat jelas.

Masjid ini menggunakan lafaz Allah di bagian atapnya dengan bentuk bangunan layaknya Joglo. Ini dikarenakan mayoritas umat muslim di lingkungan tersebut adalah pendatang dari pulau Jawa.

Salah satu Masjid tua yang ada di Bali ini hampir tak berdinding seperti masjid Palapa yang kita bahas sebelumnya. Ini memungkinkan adanya ventilasi udara yang alami dan nuansa sejuk akan kamu rasakan saat sedang melaksanakan sholat ataupun beristirahat di masjid ini.

Baca Juga : Berlibur Sambil Perawatan Spa di Bali? Spa C-Sense Yang Terbaik!

Masjid Nurul Huda

masjid nurul huda -  Provinsi Bali

Bali yang terkenal dengan bangunan Pura, ternyata mempunyai masjid yang telah ada sejak abad ke-14, lho! Ya, Masjid ini bernama Masjid Nurul Huda. Berdasarkan referensi di media internet, masjid yang pertama kali didirikan di bali adalah masjid ini.

Berdiri megah di kampung Gelgel, tepatnya Jl. Waturenggong desa Gelgel, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung, Provinsi Bali, Masjid Nurul Huda memiliki keistimewaan tersendiri karena perjalanan sejarahnya. Yakni sejarah masuknya Islam ke pulau Bali.

Saat pertama kali dibangun pada abad ke-14 atau sekitar tahun 1357 Masehi, masjid masih beratapkan alang-alang dengan tiang dari pohon kelapa.

Lalu masjid Nurul Huda terus mengalami tahapan renovasi dan rehab, hingga akhirnya pada tahun 1989 Masehi bertepatan dengan tahun 1409 Hijriyah, masjid di bangun ulang dengan kontruksi beton berlantai dua. Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2010 Masehi dengan tetap mempertahankan bentuk atap sebelumnya.

Baca Juga : Kuta Paradiso Hotel – Classic Hotel in Bali

Nah, itulah beberapa pilihan masjid di Bali yang bisa kamu kunjungi. And finally, kamu tak perlu risau lagi untuk dapat beribadah dengan tenang dan aman selama melakukan perjalanan ataupun berliburan di pulau dewata. Jangan lupa juga untuk memesan hotel ataupun villa selama kamu di sini ya, Bali memiliki banyak sekali akomodasi penginapan yang berkualitas dan buat istirahatmu nyaman.

The Capital Hotel and Resort Seminyak Bali lagi ada promo potongan harga nih! kamu bisa lebih hemat budget selama di Bali!

Lihat promo hotel Bali lainnya di sini ya >> Voucher Promo Hotel Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *